Berkantor Di Dalam Kontainer, Mengapa Tidak?

jual container surabaya, jual container office surabaya, jual container box, jual container kantor, modifikasi container bekas, harga container surabaya, sewa office container, sewa container surabaya, jual container bekas, container cafe murah, harga modifikasi container

Berkantor di gedung tinggi sudah jadi pemandangan umum di kota-kota besar. Namun, bagaimana dengan perusahaan yang mesti memiliki kantor di pedalaman yang kerap berpindah lokasi? Kantor kontainer adalah jawabannya!

Kantor kontainer umumnya digunakan oleh perusahaan kontraktor, mulai dari general contractor, drilling (offshore/onshore), dan milling. “Kegunaannya sebagai pengganti rumah bedeng,” jelas Ion Saturangga, pemilik CV PrimaCon.

Menurutnya, kelebihan kantor kontainer terletak pada kekuatan dan sifatnya yang mudah dipindahkan. “Selain harganya yang lebih terjangkau, kantor kontainer juga tak perlu IMB (izin mendirikan bangunan),” jelasnya sembari tertawa.

Dua Ukuran
Dia menjelaskan, ada dua ukuran kontainer yang dapat dipilih: ukuran 20 feet (6 meter x 2 meter) dan 40 feet (12 meter x 2 meter). Untuk tinggi, tergantung jenis kontainer: kontainer standar (DV) tingginya 2,4 meter, sementara high cube 2,5 meter.

Untuk kantor kontainer standar berukuran 20 feet, pengerjaannya sekitar 3 – 4 hari. “Tetapi jika dilengkapi dengan kamar mandi, biasanya banyak detail yang harus dikerjakan. Jadi, estimasi pengerjaannya sekitar 7 hingga 8 hari,” jelasnya.

Sementara itu, model standar berukuran 40 feet, pengerjaannya sekitar 8 – 9 hari; sedangkan model yang dilengkapi kamar mandi, bisa diselesaikan selama 12 hari.

Harga kantor kontainer cukup bervariasi, mulai Rp40 juta – Rp50 jutaan untuk kantor kontainer ukuran 20 feet; sedangkan untuk yang berukur 40 feet, kisaran harganya Rp70 juta – Rp80 jutaan. “Selain bentuk dan spesifikasi standar, kami juga membuat desain sesuai permintaan konsumen (customize),” jelas Ion.

Kendala Pengiriman
Menurut Ion, kendala bisnis kantor kontainer terletak pada pengiriman. “Kami biasanya memakai jasa trucking (perusahaan ekspedisi) untuk mengantar, tetapi terkendala pada proses pengiriman, terutama bila ada permintaan di luar Pulau Jawa, karena harga trucking-nya mahal,” tuturnya.

“Misalnya, pengiriman ke Manado bisa Rp14 juta. Itupun setelah menawar mati-matian. Bahkan saat ada permintaan ke Timor Leste, biaya trucking-nya bisa mencapai Rp30 juta lebih,” imbuh Ion.

Selain mendapat pesanan ruang kantor, Dia mengaku pernah mendapat penawaran untuk membuat rumah kontainer di Bali, tetapi terkendala ongkos kirim yang lebih mahal dari pada kontainer modifikasi.

 

jual container surabaya, jual container office surabaya, jual container box, jual container kantor, modifikasi container bekas, harga container surabaya, sewa office container, sewa container surabaya, jual container bekas, container cafe murah, harga modifikasi container

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *